Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Breaking News

    Minggu, 06 Juni 2010

    Core 2 Duo atau Dual Core

    Mungkin kata-kata diatas tidak asing lagi bagi para pemakai PC/Laptop diseluruh antero bagian dunia. Itulah nama prosesor yang dinobatkan oleh Intel Corp. dalam beberapa tahun belakangan ini untuk seluruh perangkat PC maupun laptop yang berawal dari “Intel di Dalamnya” (ting…ting…teng). Semenjak Intel merubah logo Brand lamanya yang sudah 37 tahun, cukup membawa intel dalam dunia chip ala chip.
    Intel mengklasifikasikan prosesor untuk PC Desktop dan Notebook dalam tiga keluarga prosesor yaitu :


    1. Intel Celeron
    2. Intel Pentium
    3. Intel Core

    Core duo berarti dua inti prosesor dalam satu chip (rumah/kemasan prosesor) dan termasuk dalam keluarga prosesor Intel Core.

    Pada PC Desktop dikenal dengan dual core dan ini terkadang disalahtafsirkan oleh pedagang komputer sebagai prosesor Core Duo.

    Core Duo adalah teknologi terbaru (keluarga prosesor Intel Core) yang hendak diterapkan Intel bagi Notebook. Seiring perkembangan diadakan perbaikan/pengembangan yang menghasilkan Core 2 Duo. Sepertinya Intel berkeputusan untuk juga menggunakan teknologi Core 2 Duo pada PC Desktop. Sehingga PC Desktop saat ini bisa mengadopsi teknologi Core 2 Duo tanpa perlu mengalami fase Core Duo.

    Kesimpulan umum

    (i) Core Duo dan Core 2 Duo memiliki dua inti prosesor! (ii) Core Duo diciptakan untuk Notebook, seiring perkembangan diciptakan teknologi Core 2 Duo yang mana selain bisa digunakan untuk notebook juga bisa digunakan oleh PC Desktop. (iii) Tidak ada processor Core Duo untuk PC Desktop yang ada yaitu langsung Core 2 Duo, sebelumnya dua inti prosesor juga sudah pernah diterapkan pada PC Desktop yaitu pada keluarga prosesor Pentium diantaranya adalah Pentium Dual-Core dan Pentium D namun microarchitecture antara keluarga prosesor Intel Pentium dan keluarga prosesor Intel Core tersebut sangat jauh berbeda termasuk ukuran transistornya. Perbedaan tersebut mempengaruhi kinerja, tingkat kebutuhan energi/daya (wattage), dan panas yang dihasilkan. Pada Core 2 Duo kebutuhan energi dan panas yang dihasilkan jauh lebih kecil dibadingkan pada keluarga prosesor Intel Pentium yang berintikan dua prosesor.

    Portal Berita FKAR

    FORKAPMI

    Dokter FKAR