Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Minggu, 22 April 2012

    Pelatihan Jurnalistik Tidak Penting?


    Bandar Lampung, Sumbagsel tepatnya di kampus Umitra  diadakan pelatihan dan pengangkatan tim Journey. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kembali semangat anak muda khususnya remaja Muslim dalam hal menulis yang sudah agak padam.

    Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB Minggu (22/04/2012) yang dihadiri kurang lebih 27 orang peserta. Terdiri dari 21 akhwat dan 6 orang ikhwan. Acara ini diadakan oleh FKAR (Forum Kerjasama Alumni Rohis).

    Tiba disana seperti biasa kegiatan dimulai dengan acara pembukaan terlebih dahulu lalu diberi tahu tentang pentingnya menulis oleh mbak Naqiyyah Syam, dan pengetahuan tentang jurnalistik serta pelantikan Tim Jurnalistik dan penutupan.


    Naqiyyah Syam memberitahukan bahwa menulis itu sangat penting sekali karena dengan menulis kita dapat memberikan pengetahuan terhadap generasi selanjutnya dan diri kita pun akan lebih dikenal masyarakat seperti RA Kartini, Imam Nabawi, Imam Ghazali, Sayyid Quthb, dll. Ia pula memberitahukan bahwa menulis pun dapat menjadi benteng bagi kita dalam menghadapi Ghozwul Fikri.

    Selanjutnya para peserta diberikan pengetahuan tentang jurnalistik dan tata cara menulis suatu karya dengan baik oleh Ketua Lampung Post. Ada beberapa tata cara menulis yang baik seperti 

    • Skeptis
    • Mencari berita yang menarik
    • Berita tersebut tidak cabul, sadis, dan bukan fitnah.

    Menurutnya, media massa saat ini sangat berguna untuk mengontrol pemerintahan Di Indonesia karena semakin mereka memiliki kekuasaan jika tidak dikontrol maka akan semakin tidak teratur.

    Setelah itu, para peserta diajak berdiri untuk melakukan pelantikan Tim Journey dan mengucap sebuah janji/ikrar bahwasannya anggota Tim Journey akan mengikuti semua tata tertib kelompok tersebut.

    Namun dibalik serangkaian kegiatan tersebut, banyak sekali yang menganggap kegiatan ini tidak bermanfaat namun ternyata masih ada yang menganggap kegiatan ini bermanfaat 
    menurut masyakat contohnya saja menurut Ketua RT Desa Tanjung Senang, Bapak Soegiman. "Kegiatan seperti itu sangat bermanfaat khususnya untuk remaja Muslim Indonesia, apalagi remaja sekarang kan sudah pada malas untuk menulis" ujar Bapak Soegiman. (Khairunnisa)

    FORKAPMI