Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Breaking News

    Minggu, 22 April 2012

    Saatnya Yang Muda Yang Bicara


    Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar lampung (FKAR) menggelar Open Recruitment Journey (Journalist Of The Youth). Minggu, 22 april, di kampus Umitra Bandar Lampung. Kegiatan tersebut diikuti para pelajar dan mahasiswa Bandar Lampung dari berbagai sekolah dan universitas.

    "Komunitas ini dibentuk bertujuan untuk menampung wadah aspirasi para jurnalis pelajar agar dapat membantu Fkar dalam proses pembuatan bulletin, majalah, serta media masa baik internal maupun eksternal. Serta bermanfaat untuk para peserta karna akan mendapatkan pengalaman menjadi seorang jurnalis, dan dalam komunitas ini untuk kedepannya akan ada pelatihan-pelatihan, serta rapat tim redaksi yang diagendakan  satu bulan sekali, yang langsung dilatih oleh orang-orang media Lampung Post” Ujar Mb.Tina salah satu panitia pelaksana.

    Bagi para peserta ini adalah wadah untuk melangkah dan menuangkan potensi yang ada dalam diri.
    Recruitment ni disambut sendiri oleh ketua umum fkar Bandar lampung. Ma’rufi,S.T dengan masukan-masukan yang bertujuan untuk menyemangati para pesrta yang telah memenuhi ruangan tersebut.
    Dilanjutkan dengan pemateri pertaman dari Ummi. Naqiyyah Syam. Salah satu penulis yang sudah lama bergabung dengan Lingkar Pena, yang sudah banyak menghasilkan karya-karya tulisan berupa buku, novel, cerpen, dan berbagai macam opini.

    “Mengukir Sejarah Dengan Tulisan”, ini adalah sebuah motto hidup beliau. 
    Beliau mengajak para peserta untuk mengukir sejarah-sejarahnya melalui tulisan. 
    “Dengan tulisan maka sejarah yang berpuluh-puluh tahun bias diketahui, dengan tulisan kitab Al-Qur’an bisa dibaca dan mudah dipahami, dengan tulisan semua orang dapat mengetahui berbagai macam informasi”. Ujarnya mengajak para peserta untuk tidak bosan menggerakan tangan mengukir sebuah tulisan. 

    Beliau menyemangati para pesrta untuk menulis dengan Resepnya, yaitu MEMBACA. Karna dengan banyak membaca maka seseorang akan mudah untuk menulis.

    “Bagi pemula langkah awal untuk menulis adalah dengan cara membaca dan menulis ulang, namun bukan copas (copy, paste)”. jelasnya kepada para pesrta.

    Kegiatan tersebut semakin menarik dengan adanya sesi Tanya jawab, suasana menjadi ramai dan lebih akrab.

    “Bagaimana dengan penulis yang masih kecenderungan mencontoh dan melihat tulisan orang lain???”. Tanya salah seorang peserta dari SMA 9.
    “Bagi pemula, menulis bagaikan teko yang ingin dituangkan kedalam gelas, seseorang harus melihat dulu apakah isi teko tersebut, air putih, teh, kopi atau sirup. Begitu pula  dengan seorang penulis dia boleh melihat dulu apa yang akan dia tulis, dan cara bagaimana yang bisa membantu dia untuk mengukir sebuah tulisan”.
    Maka menulislah, karna dengan menulis, Ada Jejak Yang Ditinggalkan serta dengan sebuah tulisan juga seseorang dapat Berimajinasi.

    Open Recruitment Journey semakin sempurna dengan pemaparan-pemaparan dari pemateri yang ke dua. Salah seorang jurnalis Lampung Post Bp.Adian Saputra. Beliau menceritakan gambaran-gambaran para jurnalias dari yang biasa sampai yang luar biasa.

    “Seorang jurnalis haruslah berani, seorang jurnalis harus menulis berdasarkan fakta bukan sekedar rekayasa atau karangan, serta para jurnalis selalu memberikan informasi tentang public bukan privasi seseorang”. Ujarnya kepada para peserta.

    Inti pesan yang di sampaikan kepada peserta tim rsdaksi journey, ialah..
    ”Mann Jadda Wa Jadda (Barang siapa bersungguh-sungguh maka akan dia akan berhasil)”.
    Acara yang setengah hari itu ditutup dengan Ikrar Tim Redaksi Journey angkatan pertama, yang diucapkan bersama-sama dan dilengkapi dengan foto-foto bersama. (Desliyani Natalia)

    Portal Berita FKAR

    FORKAPMI

    Dokter FKAR