Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Breaking News

    Jumat, 17 Januari 2014

    Saat Malam, Bulan, Lautan, dan Gunung Menjadi Saksi Perjalanan Kami "LPJ FORKAPMI 2013"

    Kisah kami LPJ FORKAPMI 2013
    Pulau Pahawang, 12 Rabiul Awwal 1435 HBy : Meitri Astuti



    Tak terasa FORKAPMI 2013 telah berjalan di akhir kepengurusannya.. kami tak menyadarinya dan kini kami akan mempertanggungjawabkan semua di hadapan teman-teman dan juga SC FORKAPMI namun kami tau ini baru pertanggungjawaban dunia, dan di akhirat kelak Allah pun akan memintai pertanggungjawaban kami tentang amanah kami di FORKAPMI, astagfirullohhaladzim… mungkin masih sangat jauh.. kerja-kerja kami dalam menjalankan amanah ini.

    selasa 14 januari 2014…
    SC menetapkan jadwal LPJ FORKAPMI dilaksanakan di Pulau Pahawang, pulau yang berada di Kabupaten Pesawaran, pulau yang keindahannya sudah di ketahui banyak orang melalui situs internet.

    Sebaik-baik rencana manusia, rencana Allah jauh lebih baik, SC meminta kami untuk berkumpul pemberangkatan jam 07.00 di Markas Biru Dakwah Sekolah (Sekretarian FKAR BDL), bahkan dijarkom terbaca jam 07.00 TET.. ya ada imbuhan tet yang meminta kami untuk benar-benar datang tepat waktu karna target acara selesai pukul 14.00 kami sudah pulang, namun Allah berkehendak lain… saat jam dimarkas menunjukan pukul 07.00 belum ada sama sekali pengurus FORKAPMI yang hadir, dan pada akhirnya kami berangkat menuju pahawang pukul 09.00 dengan 6 pengurus ikhwan beserta 1 SC dan 2 alumni dan di akhwat ada 6 pengurus akhwat dan 3 SC akhwat beserta 2 alumni yang ikut mendampingi perjalanan kami. memang tidak semua pengurus forkapmi ikut hadir karena tidak mendapatkan izin dari orang tuanya.

    namun LPJ harus tetap berjalan..
    Bismillah kami memulai perjalanan dengan membaca doa bersama berdoa agar Allah senantiasa menjaga kami saat perjalanan dan ketika agenda disana.

    Perjalanan cukup panjang untuk sampai ke Pulau Pahawang, kami terbagi kedalam dua rombongan.. rombongan ikhwan berangkat menggunakan motor sedangkan akhwat dengan mobil angkot. Namun kami harus bersabar lagi, saat mobil angkot yang ditumpangi para akhwat sudah sampai di pelabuhan ketapang, kami mendapati kabar bahwa motor yang dikendarai salah satu pengurus ikhwan bocor dan akhirnya kami menunggu kurang lebih setengah jam di pintu masuk pelabuhan ketapang.

    Cuaca sangat terik waktu itu, Alhamdulillah.. cuaca yang kami harapkan untuk mendukung perjalanan kami menyebrangi Pulau Pahawang. Saat jam menunjukan pukul 11.30 kami baru bisa berangkat menuju Pulau Pahawang dengan menyewa perahu milik warga,

    Saat diperjalanan menuju Pulau Pahawang kami di hadapkan dengan lukisan alam yang indah, gunung-gunung yang berbaris rapih seperti seolah menjadi pemisah antara laut yang satu dengan yang lain, hamparan lautan yang membuat mata ini mengecil saat melihatnya, ya… rasa cemas, sebel, bĂȘte karna lamanya menunggu cukup terobati dengan pemandagan ciptaan Allah nan agung itu.

    Perjalanan menuju Pulau Pahawang menyita waktu kurang lebih satu jam, tepat pukul 12.30 perahu yang kami tumpangi melabuh ke pelabuhan pahawang.



    Setelah sampai kami sholat dzuhur terlebih dahulu dimasjid yang ada di perkampungan warga, setelah sholat dzuhur kami harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, ya.. ternyata perjalanan kami belum selesai sampai disini kawan.., kami harus berjalan kurang lebih 2 Km untuk sampai ke Cuku Bedil ( hahai.. cukup membuat nafas tersengkal2, huuff..), Cuku Bedil adalah tempat yang biasa dijadikan pariwisata di Pulau Pahawang ini. Saat di perjalanan menuju Cuku Bedil kami menyimpulkan ”inilah manusia, berani melewati apapun itu untuk mencari kepuasan batin dan itulah yang terjadi dengan kami sekarang hee..” kata seorang SC FORKAPMI.

    Pemandangan yang sangat indah saat perjalanan kami menuju cuku bedil di lereng-lereng bukit dengan jalan setapak yang terbuat dari paving yang sengaja dibuat untuk mempermudah akses pengunjung, di sebelah kiri kami dihadapkan dengan hamparan lautan yang sangat luas ditambah dengan gunung-gunung yang ada ditengahnya membuat indah lukisan alam nan agung, sedangkan disebelah kanan kami terdapat pohon-pohon yang telah Allah ciptakan untuk menambah kepuasan batin kami.

    Pada akhirnya, sampailah kami di Cuku Bedil.. dan hasilnya..???

    LUAR BIASA.. lautan yang berwarna biru, merah, hijau itu membuat mata kami termanjakan dengan pemandangan itu, ditambah pasir putih yang halus yang berada dipinggir-pinggir pantai membuat batin kami tak puas hanya dengan memandangnya saja. namun sebelum kami bermain-main dengan laut dan juga pasir kami tak boleh lupa bahwa tujuan utama kami kesini untuk LPJ FORKAPMI jadi mainnya ditunda dulu ( yaaahh.. ada yang kecewa ternyata hee..).

    Sebelum acara inti dimulai kami harus mengisi energi terlebih dahulu agar bantaian demi bantain bisa kami taklukan.. ( hee.. kaya apa aja dibantai..).

    Belum sempat kami menghabiskan makan siang yang ada dihadapan kami, Allah menurunkan hujan dari langit tanda rahmatnya menyelimuti kami.. ya.. cukup deras hujan saat itu.

    Subhanallah.. begitu sayangnya Allah kepada kami, saat perjalanan yang begitu panas sampai membuat tubuh ini basah kuyup oleh keringat Allah menurunkan hujan untuk menyegarkan kami, dan  AYTKTM _ Apapun Yang Terjadi Kami Tetap Makan ( hahah..:D ) makan siang yang awalnya hanya ada sayur tanpa kuah kini menjadi berkuah semua.. Alhamdulillah..(hee..)

    Acara makan siang selesai dan akhirnya masuk ke acara inti LPJ FORKAPMI.
    Sudah mulai tegang saat MC membacakan susunan acaranya.



    adik-adik yang dirahmati Allah inilah rencana Allah, saat kita merencanakan berangkat jam07.00 Allah berencana lain, Allah merealisasikan kita berangkat jam 09.00 karna harus menunggu saudara-saudara kita yang masih sedang dalam perjalanan, dan itu semua kita lakukan tentu karna kita menyayangi saudara kita, dan itu semua adalah bukti cinta kita kepada saudara kita adik2 sekalian

    Kata seorang SC FORKAPMI saat memberikan sambuatn sekaligus taujih, yang isinya menyinggung tentang keberangkatan kami yang tak sesuai dengan rencana awal.

    Sampailah pada acara presentasi Laporan Pertanggung Jawaban dari masing-masing departemen. Satu persatu departemen telah menyampaikan laporan selama satu tahun perjalanan FORKAPMI 2013.

    "adik-adik ini baru LPJ didunia dan tentu diakhirat kelak kita juga akan memperanggungjawabkannya dihadapan Allah

    Sesaat semuanya menjadi hening dan penuh kekhidmatan kami menyimaknya,

    ana mewakili SC mengucapkan Jazakumulloh khoiron katsiir atas kehadiran antum, atas keaktifan antum sampai saat ini, atas keringat, waktu, materi, tenaga yang telah antum berikan untuk FORKAPMI satu tahun ini semoga dengan niat ikhlas Allah akan membalas apa yang telah atm berikan dengan balasan Syurga-Nya kelak, dan ana mewakili SC mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini kami sangat jarang dalam mendampingi antum, bahkan banyak tidak adanya disaat antum membutuhkan kami, semoga antum memaafkan dan Allah mengampuni kami. Dan pesan kami, kami sangat berharap kelak kita bertemu dan ana melihat antum, antum masih berada dalam barisan ini, barisan dakwah tentunya
    Tambah salah satu SC akhwat diakhir sesi presentasi LPJ FORKAPMI.

    Tepat pukul 15.30 Acara selesai dengan kami saling memaafkan satu sama lain, dan yang tak ketinggalan foto bersama seluruh pengurus FORKAPMI dan SC ( sesi inilah semuanya jadi narsis.. hem..) . Sebelum kami kembali ke pelabuhan pahawang kami menyempatkan 15 menit untuk bermain-main dengan air dan juga pasir.. semua terasa indah dan menyenangkan, ditambah ikan-ikan kecil yang datang serombongan membuat mata kami berbinar-binar ingin menangkapnya.

    Namun kami lalai, kami terlalu dimanjakan oleh keindahan alam itu hingga kami tak sadar jam sudah menunjukan pukul 16.30.. masyaAllah kami harus segera pulang.

    Langkah dipercepat saat pulang menuju pelabuhan pahawang karna kami tau laut sudah semakin pasang, ya.. sampailah kami di pelabuhan pahawang, kami berjalan menuju dermaga untuk mencari perahu yang sudah kami sewa sebelumnya, sampai di ujung dermaga apa yang terjadi kawan..????

    Perahu yang telah kami sewa sudah menyebrang ke pelabuhan ketapang, mungkin terlalu lama menunggu kami pulang, dan karena mereka punya penumpang lain akhirnya mereka meninggalkan kami. Lantas bagaimana nasib kami..??? jam sudah menunjukan pukul 17.00 di tambah pemandangan langit yang sudah mulai gelap dan mendung membuat hati kami resah. Masing masing dari pengurus FORKAPMI juga sudah mulai ditanya keberadaannya oleh orangtua mereka. Akhirnya kami memutuskan untuk menungu kembali perahu yang kami sewa. Kami menunggu di dermaga dan tak bisa dibayangkan… saat kami menunggu lagi lagi Allah begitu sayang dengan kami Allah menurunkan Hujan pada senja itu, berbondong-bondong kami lari menuju tempat untuk kami bisa berteduh, masyaAllah.. suasanan menegangkan kala itu, sembari menunggu perahu sewaan kami yang tak kunjung datang, kamipun tak lupa untuk senantiasa berdzikir dalam kondisi apapun, kami membaca Al-Matsurat bersama sama.

    Saat hujan sudah mulai reda, terlihat ujung layar dari sebuah perahu.. semua berharap bahwa itu adalah perahu yang kami sewa.. dan ternyata Alhamdulillah. Perahu itu memang perahu yang kami sewa. Tepat pukul 18.30 dan saat adzan magrib berkumandang perahu yang kami tumpangi mulai berlayar… perasaan lega namun bercampur tegang menyelimuti kami karna hari yang mulai petang, gunung-gunung sudah tak terlihat karna sudah mulai gelap.

    Saat perahu sudah sampai ditengah laut, dan saat dermaga sudah mulai tak terlihat oleh mata, tiba-tiba ada asap cukup tebal dari arah dalam perahu, kamipun resah, cemas dan apapun itu namanya karena  asap itu cukup tebal dan mengeluarkan bau bahan bakar yang sangat menyengat membuat hati kami bertambah resah, apa yang terjadi..??? Kami saling bertanya satu sama lain..

    mba.. sebagian ada yang pindah kedepan ayo mba..!!!, ini perahunya terlalu berat di belakang” seru nahkoda perahu.."

    Masya Allah apa yang terjadi…?? ( muka pucat semua pada saat itu..-_- ), kami saling berpegangan satau sama lain. Spontan seorang akhwat ada yang langsung pindah kedepan ketempat ikhwan karna memang perahu tidak simbang, disusul dengan beberapa akhwat lainnya, pengurus akhwat duduk dibagian belakang dan ikhwan di depan, namun karna jumlah akhwat yang lebih banyak dari pada ikhwan membuat perahu itu tak seimbang, dan entahlah… bisa keluar asap kenapa.. mungkin karna mesin kemasukan air kali.. ( so tau..-_- ).. dan akhirnya mesin mati dan apa yang terjadi kawan..???

    Perahu yang kami tumpangi berhenti ditengah lautan ( huaa.. saya tegang waktu itu -_-). Bagaimana saya tidak tegang semuanya gelap gulita dan di samping saya, kalo tangan saya saya ulurkan kebawah saya sudah bisa memegang air laut itu.. ( hemm benar2 peristiwa seprti ini kali pertama yang saya alami )

    Ya.. 5 orang akhwat pindah kedepan untuk menyeimbangkan perahu. Wajah kami tak karuan pada saat itu semua tegang, dan akhirnya kami melakukan sholat maghrib berjamaah di atas perahu, dan subhanalloh saya sangat tegang, perahu dalam keadaan berhenti ditengah lautan, bagaimana bisa sholat kalo perahunya kadang goyang ke kanan kadang goyang kekiri batinku.. ( heii emang dangdut goyang2 hee..biar ga tegang bacanya^^ ).

    Oke lanjut..
    kami sholat dengan sangat khusyu, semua lama saat sesi doa setelah sholat wajib, mungkin isi doanya sama

    ya Allah selamatkanlah kami ” hemm mungkin sama seperti itu.. -_-'

    Alhamdulillah .. selesai kami sholat, selsai juga mamang2 kernet perahu mengatasi mesin yang keluar asap  ( mamang..?? emang mamang somai.. ya pokoknya itulah, saya tidak tau sebutan bagi kernet perahu itu apa..hii ^^ ). Alhamdulillah doa kami langsung Allah ijabah, tak lama dari itu perahu sudah bisa berjalan.. ( leegaaa banget..).

    Pelayaran kamipun dilanjutkan.. namun kami juga tidak sepenuhnya lega karna perjalanan kami kurang lebih masih 45 menit lagi sedangkan jam sudah menunjukan pukul 19.15 ( hem.. sudah malam bukan..?? ) disela-sela ketegangan kami, kami lagi lagi dimanjakan oleh lukisan malam yang sangat indah, kelap kelip lampu pelayar, dengan suara air gemercik melawan perjalanan perahu, dan ikan2 kecil yang ikut mendoakan perjalanan kami, serta bulan yang malu-malu memperlihatkan dirinya kepada kami dengan bersembunyi dibalik awan.. ( aseek kali ini mulai puitis saya..^^ ) menambah rasa Syukur kami kepada Allah SWT, mungkin ini cara Allah ingin memperlihatkan keindahan suasana malam diatas perahu kepada kami… kalo tidak ada serentetean peristiwa tadi tentu kami tak menjumpai malam yang sangat indah ini.

    Dengan mengucapkan hamdalah kami telah sampai di pelabuhan ketapang alhamdulillahirobbil'alamin.., tepat saat adzan isya berkumandang. perjalanan kami lanjutkan menuju markas kurang lebih pukul 21.45 kami telah sampai di markas fkar. alhamdulillah sampai dengan selamat..

    Semuanya terharu tak terkecuali aku, begitu banyak peristiwa yang terjadi hari ini, dan tentu ini sangat sangat jauuuhhh dari rencana awal kami. Dan tentu rencana Allah jauh jauh lebih indah thanks to Allah..

    Dan ini catatn kami...

    malam ini begitu sangat romantis, bagi kami pengurus FORKAPMI untuk menjadikan moment ini sebagai pengerat ukhuwah diantara kami, biar malam, lautan, bulan dan gunung2  menjadi saksi atas perjuangan dan ukhuwah kita. dan untuk saudara2 kami yang tak sempat hadir waktu itu semoga kau merasakan getaran ukhuwah ini kawan, karna sungguh getaran ini melebihi frekuensi2 sebelumnya.. Semoga kelak ketika kita tlah dewasa dan saat kita mulai tak semangat lagi dalam jalan ini kisah ini akan mengingatkan kita begitu indahnya kebersamaan kita di jalan ini.

    dan untuk saudari kami yang HP nya menjadi korban ( tenggelam di laut..:) semoga Allah ganti dengan yg lebih baik AMINN..^^ , dan untuk adik2 mohon maaf pulangnya terlalu malam, smga baik2 saja sampai rumah, dan jazakumulloh bagi alumni alumni forkapmi yang telah menemani perjalanan kami, semoga Allah balas dengan sebaikbaik balasan. amin..

    Dan.. Barokalloh untuk pengurus FORKAPMI 2013 yang telah menyelesaikan amanah ini dengan baik, semoga Allah membalas keringat antum dengan sebaik-baik balasan Syurga. Aminn..:)

    kami tunggu antum dengan amanah2 yang baruu..:D Allahuakbar..!!!

    Portal Berita FKAR

    FORKAPMI

    Dokter FKAR