Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Senin, 21 April 2014

    FKAR KUKUHKAN ALUMNI ROHIS SE-BANDAR LAMPUNG



    Bandar Lampung, Ahad, 20/04/2014. FKAR (Forum Kerjasama Alumni Rohis) Bandar Lampung melaksanakan agenda PENGUKUHAN TKS SE-BANDAR LAMPUNG + RAKOR TKS yang  bertempat di kampus UMITRA Bandar Lampung. Acara yang dihadiri oleh seluruh TKS Smp dan Sma se Bandar Lampung itu disambut dengan antusias oleh para TKS.

    Rangkaian acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 sd 16.00 diawali dengan sambutan oleh ketua FKAR Bandara Lampung (Akhmad Munnadar), dilanjutkan dengan taujih yang disampaikan oleh Deni Harnova (kak Deniho) selaku Alumni FKAR.


    Taujih yang diselipkan dengan waktu yang singkat sangatlah bermakna. Dengan tema “Resiko Jadi Orang Terkenal.” Aktivis dakwah khususnya dakwah sekolah adalah para sosok-sosok yang terkenal. Bahkan dengan terkenalnya mudah sekali untuk terdeteksi, resikonya banyak fans dan tersorot kamera selalu. Tidak sedikit yang berguguran di jalan dakwah ini karena tak mampu tersorot kamera pengintai setiap saat. Beralaskan malu hingga pada akhirnya Muntaber (Mundur Tanpa Berita), lain halnya dengan pejuang-pejuang yang terinfeksi BSH (Barisan Sakit Hati). Maka dari itu ketika berinteraksi gunakanalah hati karena kita berahadapan dengan manusia bukan benda mati.  Dan hebatnya para aktivis dakwah ini adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan yang luar biasa, yaitu Potensi, potensi ini adalah rasa yang tidak bisa dinilai dengan uang sebesar apapun, potensi untuk mempunyai kemauan, potensi untuk menjadi kaum yang suka bekerja, potensi yang selalu berkembang. Bahkan potensi menjadi seorang pengajar pun sudah nampak ketika beranjak kelas 3 SMA, yang mana para aktivis dakwah sekolah yang sudah mampu memegang kelompok BBQ, mengontrol dan menghadapi berbagai macam anak, inilah kita LUAR BIASA” ujar kak Deniho dengan semangat yamng membara.

    Maka dari itu hal yang penting adalah penjagaan yang harus sabar, karena aset terbesar kita adalah proses kaderisasi. Di akhir taujih kak Deniho pun menghimbau kepada apara tks. “Janganlah Jadi Orang Terkenal yang Kagetan” karena jika terkenal, kaya dan pintar kagetan maka akan mudah jatuhnya.

    Rangkaian acarapun berlangsung dengan hangat, dilanjutan dengan materi Psycologi Remaja yang disampaikan oleh pemateri yang luar biasa. Materi yang sangat menarik untuk dibahas. Karena para Tks atau para Murrabi memang langsung berinteraksi dengan para remaja yang sedang dalam proses pertumbuhan. Pemberitahuan masa-masa pertumbuhan serta sikap, sifat dan kendala-kendala yang dihadapi oleh para remaja. Contohnya  Kendala Internal= Motivasi yang  rendah/malas, gejolak emosi yg mendominasi, konsep diri yg negatif, dan ketidak percayaandiri. Itu semua menambah pengetahuan para tks yang hadir pada kesempatan itu. Kata kunci dari materi  pda kesempatan ini ialah. Remaja akan senang apabila  “Sejauh Mana Dia Dihargai dan Diakui Oleh Komunitas Tersebut.” Maka diperlukannya MBA “Murobbi Banyak Akal.” Harapan terakhir dari materi ini ialah menciptakan remaja yang mempunyai akil baligh secara selaras.  Karena Setiap remaja  Akil= memfikiran yang punyai akal . Agar terciptanya remaja yang  Tangguh, Disiplin, dan Mandiri. Bagaikan para remaja di zaman Nabi, seperti Usamah Pmimpini Perang, Ali bin Abi Thalib, yang menjadi remaja tangguh, disiplin, mandiri, akibat selarasnya antara Akil dan Balig. Hingga waktu jualah yang mengakiri pembahsan psycologi remaja pada Kesempatan tersebut.

    Dilanjutkan kemabli Ba’da Ishoma, dengan sosialisasi dari Presidium FKAR, terkait  persaudaraan antar Rohis dengan disertakan PJ SP dari FKAR.

    Dengan begini harapannya rohis-rohis yang disaudarakan bisa bekerjasama saling mengisi dan memenuhi kebutuhan masing-masing terutama terkait Perangkat Tarbawi.

    Setelah sosialisasi dari presidium dilanjutkan dengan Ikrar patra TKS Se Bandar Lampung yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum FKAR, dengan berikrarnya para TKS diharapkan agar para TKS dapata menyamakan suhu terlebih dahulu dan menumbuhkan rasa semangat dan cinta kembali mepada Dakwah Sekolah. Lalu selesai pembacaan ikrar dilanjutkan dengan Rakor Tks yang dipersentasikan oleh DPP (Departement Pembina Pelajar) dan DPR (Departement Pengembangan dan Requitment).  Kegiatan-kegiatan baku yang ditetapkan oleh DPR dan DPP harapannya dapat mempermudah  perkembangan Rohis di Bandar Lampung. Pada kesempatan ini pula ditetapkan targetan Requitment pelajar di Tahun 2014 sebanyak 2500 pelajar se Bandar Lampung, dengan pembagian 30 sekolah yang tedeteksi oleh FKAR, min masing-masing sekolah dapat Mereqruet 75 orang.

    Dan requitmentn ini diharapkan tidak hanya terfokus pada masa-masa MOS melainkan memanfaatkan momentum PHBI/PHBN  sebagain ajang  Requitment juga. DPP juga sudah siap memberikan amunisi untuk SPMB yang terdiri dari spanduk, gaci, pembatas buku, dan formulir pendaftarn. Harapannya 2014 rohis semakin baik dan tertata dengan rapih. Acara pun diakhiri dengan sharing para TKS dan tanya jawab terkait permasalahan yang ada. (DN)


    FORKAPMI