Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Breaking News

    Minggu, 06 Desember 2015

    Belajar dari Sang Lebah...



    Qur'an Surat An Nahl (Lebah)

    16:68
    Dan Tuhanmu mewahyukan (memberikan insting) kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan zdpoi tempat-tempat yang dibikin manusia",

    16:69
    Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.


    Allah memberikan ilham, insting atau bimbingan kepada lebah untuk membuat tempat tinggalnya di bukit, di pohon atau tempat yang dibangun manusia. Sarang lebah sangat kokoh dan sempurna bagi makhluq seukuran lebah, yang berbentuk hexagonal, dimana bentuk segi enam itu sangat baik kerapatannya tanpa meninggalkan celah ruangan kosong, dengan ukuran yang sama dan sudut ruang yang sama 13 derajat dan lebih kokoh bila dibandingkan dengan yang berbentuk segi empat atau segitiga. Mereka membuat sarangnya dari malam yang terbuat dari zat-zat yang menempel pada sayap-sayapnya.

    Lebah itu suka mencari makanan ke tempat yang cukup jauh akan tetapi mereka bisa kembali ke sarangnya tanpa tersasar, mereka makan buah-buahan dan mengisap saripati bunga-bunga tanpa merusak bunga tersebut. Mereka memakan makanan yang baik-baik dan dari perut lebah itu keluar madu lewat mulutnya jumlahnya melebihi kebutuhan mereka yang bermanfaat bagi manusia, sedangkan dari duburnya keluar telur untuk beranak pinak.Lebah termasuk khewan yang terlarang dibunuh.

    Warna madu yang mereka keluarkan dari mulutnya bermacam-macam, ada yang merah, kuning, putih dan warna lainnya sesuai dengan saripati warna bunga yang dia hisap.

    Madu itu sifatnya bila dikonsumsi menghangatkan badan, sangat bagus bila dikonsumsi pada cuaca dingin, bahkan bisa menjadi obat terutama untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang menggumpal yang sulit dikeluarkan didalam usus kita. Madu bisa disimpan lama bahkan berbulan bulan tidak daluarsa.

    Perilaku Lebah selalu semangat berikhtiar, badan nya selalu bersih, hinggap di tempat yang bersih, dan memakan makanan yang bersih dan baik.

    Mereka suka berkelompak, bergotong royong membangun sarang. Mereka tidak pernah mengganggu makhluk lain, akan tetapi ketika salah satu lebah ada yang mengusik, maka lebah-lebah yang lainnya akan segera membantu dengan gagah perkasa. Itulah sebagian keutamaan lebah hingga namanya diabadikan menjadi nama satu surat di dalam al qur'an.

    Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

    Begitulah seharusnya perilaku seorang muslim bagaikan seekor lebah. Maha suci Allah swt. dengan semua firmanNya.

    Wallahu a'lam bishawab. Salamun a'laikum.

    (Kang BeBe)

    sumber : piyungan online

    Portal Berita FKAR

    FORKAPMI

    Dokter FKAR