Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Sabtu, 07 Oktober 2017

    Nikmat Dan Siksa Kubur


    Jalsah Ruhiyah Pelajar Rohis SMA/SMK Se-Balam
    Dok. Pengurus FKAR

    Forum Kerjasama Alumni Rohis (FKAR) Bandar Lampung Helat Jalsah Ruhiyah (Kajian Keislaman) Pelajar Rohis Putri se-Bandar Lampung pada hari ini (7/10/17) yang bertempat di SMA Negeri 3 Bandar Lampung.

    Acara yang dilangsungkan sejak pukul 13.00 hingga 16.00 itu dihadiri puluhan pelajar ROHIS putri tingkat SMA/SMK sederajat, yang terwakili dari puluhan sekolah.

    Tema yang di angkat oleh Departemen Pembinaan Pelajar (DPP-FKAR) kali ini adalah "Nikmat dan Siksa Kubur", Venty Ariani Dosen Fakultas Dakwah UIN Raden Intan Lampung menjadi pemateri pada kesempatan tersebut.

    Venty menjelaskan
    nikmat kubur yang berasal dari khusnul khatimah, dan sebaliknya siksa kubur yang di dapat dari suul khotimah. Pada hakekatnya setiap orang yang hidup sedang menunggu sebuah kematian. dan kematian itu sendiri adalah pribadi masing-masing yang merancangnya, ingin mati dalam kondisi baik atau buruk.

    Venty juga mengingatkan kembali kepada peserta jalsah,  3 perkara yang akan dibawa mati : 1) amal jariyah, 2) ilmu yang bermanfaat dan 3) doa anak yang sholeh/sholehah. Dan ciri anak yang sholeh itu adalah yang setiap saat mendoakan kebaikan untuk kedua orangtuanya.

    Orang yang ingat kematian itu seperti yang tercantum dalam QS. Ad-Dzariyat : 56. Dan orang yang menjelang kematian itu ibarat sedang berada dekat di samping seekor singa.

    Peserta Jalsah yang terlihat sangat khusyuk dan antusias mendengarkan materi yang disampaikan. Terlihat pula sebagian peserta yang meneteskan air mata ketika diingatkan oleh orangtua dan kematian.


    Selain memberikan materi Venty juga memberikan yel-yel khas kepada peserta, sehingga peserta yang hadir terlihat bahagia dan semangat. Selain itu, Venty memberikan tips kepada peserta untuk selamat dari siksa kubur, yaitu dengan rajinnya membaca surat al-mulk di pagi hari maupun menjelang tidur.

    Tidak hanya mendengarkan materi Venty mengajak peserta untuk membaca surat al-mulk bersama-sama. Hingga diakhiri dengan pertanyaa-pertanyaan tentang hafalan qur'an yang mampu di jawab peserta. Dan Tiga orang peserta yang berhasil menjawab dengan lantunan tilawah yang indah.

    Acara berakhir dengan pembacaan dzikir sore berjama'ah. Pesan dan kesan yang dituliskan peserta pada lembar feedback kali ini mayoritas meminta untuk sesi materi lebih lama dan diperpanjang lagi.


    (By : DN)

    FORKAPMI