Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Sunday, January 6, 2019

    #2019, Resolusi Perlu Gak Sih?


    *Resolusi atau Basa Basi?*

    Jelang akhir tahun kaya gini, kamu punya targetan dong pasti?
    Biar tahun depan jadi orang yng lebih baik lagi.
    Tapi sebenernya perlu gak sih resolusi?
    Kalau yang yang kemarin aja belum terpenuhi.

    Ya iyalaah..
    Pengen jodohnya sholeh, tapi kamunya masih pacaran.
    Pengen doanya terkabul, tapi sholat kita masih entar-entaran.
    Pengen istiqomah, tapi males banget datang kajian.
    Pengen hafalan qur'an, tapi masih males setoran.

    *Jadi apa makna resolusi kalau dibuat lalu diingkari?*

    Hmm.. Mungkin ada yang salah nih.
    Bukan resolusinya sih, tapi kita yang ngoreksi diri cuma setahun sekali.
    Harusnya setiap hari.

    Sadar gak sih kita hidup cuma sekali?
    Waktu berputar tanpa henti.
    Dosa bertambah tanpa kita sadari.
    Sedangkan amal yang kita kejar setengah mati,
    Perlahan terkikis nyaris terhenti.
    Jangan-jangan niat kita memperbaiki diri gak tembus sampai ke langit tertinggi.
    Resolusi disusun hanya untuk nafsu duniawi.

    Yuk kita pugar lagi niat, tujuan, dan misi hidup ini.
    Agar resolusi jadi lebih berarti.

    By: Hijab Alila

    Nah, yang di atas itu adalah bait sajak dari youtube channel Hijab Alila. Ini linknya https://youtu.be/vt2UHtzTgpU

    Kalau menurut kalian resolusi itu perlu gak si? Kalau menurut mimin nih yaa, boleh-boleh aja. Karena pasti resolisi yang kita buat tujuannya adalah untuk membuat diri kita menjadi lebih baik lagi. Oh iya, kalau kata dosen KWU mimin, harapan/ cita-cita/ targetan kita perlu dituliskan. Kalau hanya sekedar dalam pikiran itu namanya masih angan-angan. Percaya atau gak percaya, ketika kita menulis sesuatu apapun itu, akan terekam juga ke otak dan pikiran kita.

    Mungkin, di tahun ini ada yang ingin lulus UN dengan nilai yang memuaskan, atau peringkatnya naik, atau ingin masuk PTN/ PTK favorite, atau ingin lulus kuliah, atau dapat pekerjaan yang diimpikan, atau bahkan tahun ini targetnya ganti status alias nikah? Boleh-boleh saja punya impian seperti itu.

    Nah, itu semua kan contoh dari targetan duniawi, harusnya kita imbangi juga dengan targetan akhirat kita. Misal, kalau tahun lalu sholatnya belum di awal waktu, berarti tahun ini sholatnya harus di awal waktu, lebih istiqomah menjalankan sholat-sholat sunnah sepeti dhuha, tahajjud, dan lain-lain. Kemudian dari segi tilawah, puasa, dzikir, sedekah, dan sebagainya.

    Atau ada juga yang targetnya 2018 ingin kurus? :D hihi. Boleh juga tuh, berarti riyadhoh/ olahraganya harus lebih rajin lagi. Selain bisa kurus, olahraga juga bisa buat badan kita jadi kuat. Ingat, mukmin yang kuat lebih dicintai oleh Allah dari pada mukmin yang lemah.

    Wah kok bahasannya jadi kemana-mana ya? Hehe
     Intinya, boleh-boleh saja kita punya resolusi di tahun ini, tapi kita juga harus komitmen dan berazam untuk mewujudkannya. Jangan cuma ditulis aja buat keren-kerenan. Hehe.


    Sekian dulu tulisan kali ini, komen dibawah yaa resolusi kamu tahun ini apa saja. Semoga resolusi teman-teman semua tercapai di tahun ini. Aamiin..


    Written by: S.A.

    2 comments:

    FORKAPMI