Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Friday, March 20, 2020

    "Yuk Tangkal Covid-19 dengan Vitamin Daya Tahan Tubuh Ini!"



    Semakin bertambahnya jumlah pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 saat ini membuat kita semakin menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan. Ada banyak cara untuk memperoleh kekebalan dan daya tahan tubuh yang bagus. Seperti dengan menjalankan pola hidup sehat, rajin berolahraga, mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, ataupun dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin diantaranya sebagai berikut:

    1. Makanan Mengandung Vitamin C
    vitamin daya tahan tubuh yang pertama adalah vitamin C. Vitamin C penting untuk menjaga kekebalan dan meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Vitamin C dikenal juga dengan ascorbic acid. Menurut Yalda T Alaoui, pendiri Eat Burn Sleep, vitamin C lebih bagus dikonsumsi dari makanan secara utuh dibandingkan dengan dijus. Membuatnya menjadi jus justru akan menghilangkan banyak nutrisi di dalamnya. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C seperti apel, wortel, lemon, jeruk, brokoli, paprika, kiwi, pepaya, dan masih banyak lagi.


    2. Makanan Mengandung Zinc
    1  Vitamin daya tahan tubuh yang kedua adalah Zinc. Zinc diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Menurut Melissa Snover, pendiri CEO Nourished, kekurangan zinc justru dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Zinc dapat membantu menjaga kemampuan tubuh untuk membuat sel dan enzim baru, memproses karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan, serta mempercepat penyembuhan otot dan luka. Selain itu, Zinc juga dapat membantu mencegah pilek, virus, dan meminimalkan gejala untuk penderita alergi dan demam. Kamu bisa memperoleh Zinc dari beberapa makanan yang memiliki kandungan tersebut, seperti daging merah, kerang, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
         
          3. Jahe
          Makanan yang dapat dijadikan vitamin daya tahan tubuh yang ketiga adalah jahe. Kandungan antioksidan dalam jahe dipercaya dapat mengatasi gejala pilek, flu, mual, perut kembung, dan sebagainya. Menurut penelitian dari tahun 2013, jahe segar dapat membantu meningkatkan sistem pernapasan tubuh, namun tidak demikian dengan jahe kering. Selain itu, jahe juga baik untuk usus karena dapat membantu pencernaan dan sembelit. Menurut Euan MacLennan, direktur herbal di Pukka Herbs dan herbalis medis di London, jahe merupakan ramuan penghangat yang dikenal sebagai 'obat universal'. Jahe dapat menstimulasi respon pertahanan pada pernapasan atas dan mukosa pencernaan membantu tubuh menangkis infeksi. Itulah mengapa jahe sangat bagus untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

          4. Kaldu Tulang
    Makanan yang dapat dijadikan vitamin daya tahan tubuh yang keempat adalah kaldu tulang. Kaldu tulang merupakan salah satu makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut Yalda, kaldu tulang penuh dengan kandungan L-Glutamine dan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jadi kandungan tersebut hanya dapat diperoleh dari makanan.Glutamin berfungsi untuk mendukung perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus. Usus yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kamu bisa mendapatkan kandungan kalsium, magnesium, dan kalium jika mengonsumsi air rebusan tulang. Dan jika kamu menggunakan tulang ikan, maka kamu juga akan mendapatkan kandungan yodium. Namun jika kamu merasa hal ini terlalu ekstrim maka kamu bisa mengonsumsi vitamin bentuk tablet yang di jual di apotik.

    5. Bawang Putih
          Makanan yang dapat dijadikan vitamin daya tahan tubuh yang kelima adalah bawang putih. Selain dapat dijadikan bumbu dapur, bawang putih juga dikenal dapat dijadikan sebagai obat. Bawang putih mengandung vitamin B6 dan C, serta selenium dan serat. Bawang putih tinggi akan senyawa penambah kekebalan tubuh. Menurut Sara, bawang putih adalah anti virus dan anti jamur. Memakannya secara langsung atau dalam kondisi mentah akan membantu menghilangkan virus dan bakteri di dalam tubuh. Orang-orang yang mengonsumsi bawang putih terbukti bisa sembuh lebih cepat dan memiiki kemungkinan lebih kecil untuk terserang pilek berulang.

          6. Jamur
    Makanan yang dapat dijadikan vitamin daya tahan tubuh yang keenam adalah jamur. Menurut Euan, ada sekitar 400 spesies jamur yang telah diidentifikasi memiliki kandungan yang dapat dijadikan sebagai obat dan banyak yang memiliki kualitas anti virus, anti mikroba, dan anti peradangan. Jamur juga kaya akan kandungan beta glucan, zat alami yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    7. Sambiloto

          Makanan yang dapat dijadikan vitamin daya tahan tubuh adalah sambiloto. Sambiloto  atau andrographis juga dikenal sebagai green chireta atau 'Indian echinacea'. Sambiloto memiliki kandungan anti peradangan dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti pengobatan Ayurvedic untuk meningkatkan produksi antibodi dan mengurangi tingkat keparahan infeksi.

         8. Makanan Fermentasi
          Makanan terakhir yang bisa dijadikan vitamin daya tahan tubuh adalah makanan fermentasi. Kamu bisa menambahkan beberapa sendok makanan berfermentasi untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuhmu. Menurut pakar kesehatan dan penulis Reboot Your Health, Sara Davenport, kamu bisa menambahkan satu atau dua sendok makan makanan fermentasi setiap harinya, seperti miso, kefir, dan yoghurt. Hal ini dikarenakan makanan fermentasi diperkaya akan kandungan yang dapat mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi virus.

    Itulah delapan jenis makanan yang dapat dijadikan referensi vitamin daya tahan tubuh yang dapat kamu jadikan rekomendasi. Semoga dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu bisa memiliki kekebalan dan daya tahan tubuh yang bagus sehingga dapat terhindar dari virus dan penyakit. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, Selamat mencoba!

    S    Sumber : aladokter.com.

          Write by BBA (HUMAS FKAR)

    1 comment:

    FORKAPMI