Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Sunday, September 27, 2020

    Barisan Pemuda "Good Looking" dalam Peradaban Islam

     

         Kata "Good Looking" memiliki banyak arti dan definisi. Good Looking bisa berarti ganteng, cantik, tampan, keren, baik, bersih, indah dipandang dsb. Dalam Islam "Good Looking" bisa bermakna orang-orang yang dilihat baik secara lahiriah (jasmani) dan bathiniyah (rohani) karena sejatinya Allah SWT mencintai orang-orang yang berproses dalam kebaikan dan juga berusaha menjaga diri dalam kebaikan hidupnya.

         Allah juga menyukai hal-hal yang bersifat elok atau keindahan yang tersandar pada mahluk-Nya seperti hadist "Innallaha Jamilun Yuhibbul Jamal (Sesungguhnya Allah itu Indah, dan Sangat Menyukai Keindahan) HR. Thabrani".

         Makna "Good Looking" juga telah ditunjukkan oleh beberapa barisan pemuda hebat dan menginspirasi yang pernah ditorehkan dalam tinta peradaban Islam, diantaranya.


    1.      Usamah bin Zaid (18 tahun). Memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu. 

    2.    Sa’ad bin Abi Waqqash (17 tahun). Yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Termasuk bagian salah satu dari enam orang ahlus syuro dalam peradaban Islam.

    3.    Al Arqam bin Abil Arqam (16 tahun). Pemuda yang tulus dan berani mengorbankan rumahnya sebagai markas dakwah Rasulullah SAW dalam menyebarkan ajaran Islam selama 13 tahun berturut-turut.

    4.     Zubair bin Awwam (15 tahun). Yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasulullah SAW sebagai pengikut setia dakwahnya.

    5.     Zaid bin Tsabit (13 tahun). Penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani sehingga menjadi penerjemah Rasul Shallallu’alalihi wasallam. Hafal kitabullah dan berperan penting dalam proses kodifikasi Al Qur’an.

    6.    Atab bin Usaid (18 tahun). Diangkat oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai gubernur Makkah yang bijaksana yang diangkat pada umur yang relatif amat muda.

    7.     Mu’adz bin Amr bin Jamuh (13 tahun) dan Mu’awwidz bin ‘Afra (14 tahun). Membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, pada perang Badar.

    8.    Thalhah bin Ubaidullah (16 tahun). Orang Arab yang paling mulia. Berbaiat untuk mati demi Rasulullah SAW pada perang Uhud dan menjadikan dirinya sebagai tameng terbaik bagi Rasul.

    9.      Muhammad Al Fatih (22 tahun). Menaklukkan Konstantinopel ibu kota Byzantium pada saat para jenderal agung yang lain merasa putus asa dan membuktikan janji Rasulullah SAW.

    10.    Abdurrahman An Nashir (21 tahun). Pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Dia mampu menganulir berbagai pertikaian dan membuat kebangkitan sains hingga mencapai kejayaan.

    11.  Muhammad Al Qasim (17 tahun). Menaklukkan Negeri India sebagai seorang jenderal agung terbaik dan termuda pada masanya.

    Nah itulah barisan Pemuda "Good Looking" dalam untaian kisah klasik peradaban Islam,, Semoga kita semua bisa meneladaninya dan bersungguh-sungguh dalam beramal sholeh menjadi pemuda "Good Looking" di masa kini dan masa yang akan akan datang. #MudaMenginspirasi.

    Source : islampos.com.

    Write by BBA (Humas FKAR)


    4 comments:

    FORKAPMI