Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Featured Posts

    Thursday, September 3, 2020

    Mengapa Jazirah Arab Ditetapkan sebagai Tanah Persemaian Agama Islam?

    1. Allah Swt. telah menjadikan Baitul Haram sebagai tempat berkumpul manusia sekaligus tempat yang aman, serta menjadikannya bangunan pertama yang didirikan manusia untuk beribadah dan menegakkan simbol-simbol agama. Di lembah itulah dakwah sang Bapak Para Nabi, Ibrahim a.s. disemaikan. Salah satu hikmahnya adalah agar kawasan yang diberkahi ini kelak menjadi tempat kelahiran dakwah Islam yang merupakan agama leluhur kita, Nabi Ibrahim, serta menjadi tempat kelahiran dan diutusnya Sang Penutup Para Nabi. Bagaimana tidak? Toh, Nabi Muhammad saw. adalah keturunan Ibrahim a.s.


    2.  2. Letak geografis Jazirah Arab di titik tengah bangsa-bangsa lain. Letak geografis Jazirah Arab memudahkan kawasan ini untuk memikul beban dakwah seperti ini, karena ia terletak di titik tengah bangsa-bangsa yang lain. Ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan penyebaran dakwah Islam bisa mencapai seluruh bangsa dan negara-negara yang mengelilinginya dengan mudah. Jika Anda menengok kembali perjalanan dakwah Islam pada mulasejarah Islam dan era Khalifah Rasyidin, Anda mendapati bukti sangat jelas yang membenarkan hal ini.

     

    3.    3. Bahasa arab adalah bahsa yang istimewa. Kebijaksanaan Allah Swt. menetapkan agar bahasa Arab menjadi bahasa dakwah Islam dan alat pertama untuk menerangkan firman Allah Swt. dan menyampaikannya kepada manusia. Bisa jadi, seandainya kita perhatikan karakteristik bahasa-bahasa di dunia, kemudian kita perbandingkan semuanya, kita akan menemukan bahwa bahasa Arab jauh lebih istimewa daripada bahasa-bahasa lain. Jadi, bahasa Arab lebih pantas menjadi bahasa pertama kaum Muslim diberbagai daerah dan negeri.

    No comments:

    Post a Comment

    FORKAPMI