Medianya Generasi Muda | Dakwah Sekolah | Rohis

Forum Kerjasama Alumni Rohis Bandar Lampung

  • Breaking News

    FKAR, TKS DAN ROHIS

    FKAR, Tim Kerja Sekolah dan Rohis

    Memang, beberapa kalangan bertanya mengapa FKAR hanya terfokus pada kerja di Rohis. Bukankah masalah pelajar atau remaja adalah masalah yang spacenya luas dan tidak hanya untuk mereka yang berada di Rohis? Pertanyaan itu memang sangat kritis untuk dijawab secara bijaksana.

    Kami memandang bahwa Islam adalah sebuah sistem (manhaj) bagi semua manusia. Oleh karenanya standar yang dipakai adalah nilai serta norma dalam Islam. Dalam skup organisasi, kami menganggap bahwa Rohis adalah kendaraan yang paling pas untuk mengimpelementasikan nilai-nilai dakwah di kalangan palajar. Ini mengingat bahwa Rohis itu adalah milik semua, bukan hanya milik segelintir pengurus atau pelajar yang eksklusif  yang asing di tengah lingkungan sekolah. Bahwa Rohis adalah organisasi Islam itu adalah mutlak. Karena dia Islam, maka dia terbuka untuk semua orang. Lagipula, yang akan diraup dengan daya jangkau dakwah Rohis adalah semua kalangan pelajar dan bukan dari kalangan tertentu saja.

    FKAR sebagai wadah bernaung semua alumnus Rohis tentunya tidak akan berdaya kalau bekerja hanya pada tataran konsep. Perlu ada yang langsung terjun menangani serta bersentuhan langsung dengan obyek dakwah yang dalam hal ini adalah siswa atau pelajar. Untuk itulah sebagai ujung tombak FKAR di tiap sekolah, ada tim yang akrab disebut Tim Kerja Sekolah atau yang biasa dikenal dengan TKS. TKS ini diangkat resmi dan bertanggung jawab kepada FKAR. TKS inilah yang paling banyak berperan dalam memajukan kegiatan Rohis dan membina kepribadian siswa di sekolah. TKS biasanya diambil dari alumni Rohis yang bersangkutan. Tetapi, untuk beberapa sekolah yang sumberdaya alumninya sedikit, FKAR meminta kepada beberapa personal untuk membantu di beberapa sekolah. Maka tidak heran kalau banyak diantara TKS yang berasal dari luar alumni sekolah tersebut, bahkan banyak yang berasal dari luar Bandar Lampung, misalnya dari Natar, Pringsewu, Kalinda.

    Hanya saja sayangnya, karena kurangnya informasi dan silaturahmi, TKS sering terusik oleh  kecurigaan pihak sekolah. Pihak sekolah sering merasa khawatir kalau-kalau alumni yang datang mengajarkan hal yang membahayakan Rohis apalagi sekolah.

    Untuk memecahkan problem tersebut diperlukan hubungan yang harmonis serta komunikasi yang lebih intens dengan pihak sekolah.

    Secara umum, TKS bertugas untuk membantu keorganisasian Rohis. Sebagai alumni yang punya banyak pengalaman, mereka akan memberikan bekal keislaman, keorganisasian serta skill lainnya untuk kemajuan dakwah di sekolahnya masing-masing. Efek positifnya memang sangat banyak, yang paling terasa adalah hubungan dengan pihak sekolah terutama guru dan kepala sekolah terjalin dengan hangat. Bahkan para alumni sudah menganggap guru di sekolah sebagai orang tua mereka sendiri. Sungguh keindahan ukhuwah yang tiada bandingannya.


    Dengan jumlah sekolah yang banyak terakses oleh FKAR, tentunya membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak. Tetapi, inilah kendala klasik di lapangan, jumlah permintaan selalu lebih besar daripada jumlah penawaran. Artinya, jumlah sekolah yang harus ditangani jauh lebih banyak dibandingkan sumber daya manusia yang tersedia. Belum lagi kalau beberapa sekolah meminta agar kegiatan pengajian (tutorial) di sekolah tersebut diwajibkan. Jelas, butuh banyak tutor atau mentor untuk menangani itu semua. Lagi-lagi FKAR ditantang untuk menyelesaikan semua kendala di lapangan tersebut dan berpacu dengan waktu yang terasa begitu kebut dalam berjalan.

    TKS Sendiri Merupakan bagian dari Keluarga Besar Dakwah Sekolah yang personilnya merupakan alumni ROHIS, memiliki fungsi kerja berkoordinasi dengan FKAR, mengawal dan memonitor program-program Dakwah yang diusung oleh ROHIS.


    TKS merupakan badan organisasi mendiri yang struktur pengurusanya diisi oleh para alumni dari sekolahnya terdahulu atau lintas sekolah. Mengelola Pembinaan dan Pengembangan secara bersinergi, merupakan para tutor tetap BBQ / Halaqoh (program pembinaan pelajar).

    BBQ (Bina Baca Qur'an)

    Merupakan program andalan yang dikelola oleh para TKS program pembinaan pelajar yang menjadi pusat pembinnaan akhlak keislaman pelajar. "Ngak ngaji Ngak Keren" merupakan jargon andalan, Metode pengajian kontemporer yang disinergikan dengan perkembangan remaja kekinian. Memiliki tujuan perbaikan akhlak remaja agar terhindar dari pengaruh buruk yang sangat marak saat ini, melahirkan pemuda pemudi, yang humanis, memiliki rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama, yang berasaskan nafas keislaman. Program ini dirasa sangat efektif karena telah terbukti melahirkan pelajar Bandar Lampung yang bernaung di ROHIS memiliki prestasi dalam pergaulan, bidang akademik dan non akademik.

    Portal Berita FKAR

    FORKAPMI

    Dokter FKAR